Mudik 2012

Apa  sebenarnya yang menarik dari mudik. Mengapa orang rela berjejalan, berdesakan,berhimpitan,mengantri hanya untuk pulang kamoung.Bukankah lebih nyaman dilakukan saat bukan libur lebaran semcam ini. tidak..tidak itu namanya bukan mudik,energinya tetap terasa lain.

lalu mengapa mereka rela menghabiskan separuh dari jerih kerjanya jug separuh dari THR hanya untuk membeli tiket kendaraan yang mendadak menjulang naik diatas tarif normal.Nyaris semua membrandol harga tiket 3x diatas tarif normal dari biasanya.kamprett

hanya untuk mudiklah mereka melakukannya.

Tak terkecuali saya. Ya.. saya pun ikutan mudik. Saya ,memang tidak merayakan lebaran, tapi saya punya kampung dan keinginan untuk pulang memang sudah mengebu beberapa minggu sebelum hari H saya berangkat.Mudik kan bukan serta merta milik mereka yang merayakan lebaran bukan.

Saya ikut mengantri kendaraan yang super duper padat memenuhi jalan pantura.semua membludak tumpah di Pantura,segala macam kendaraan dipakainya untuk mudik. Kalo sudah begini,semua merata,tak ada yang bisa menyewa forider untuk memotong jalan,tak ada yang bisa minta didahulukan seperti saat macet di tol Jakarta. semua sama, mobil mewah,bajaj,sepeda motor,angkot,bus,truck semua harus sabar mengelindingkan kendaraanya sedikit demi sedikit.

Roda kendaraan hanya mampu mengelinding Cm per Cm tiap jam nya. O..ghost ini seninya mudik begitu kata orang orang senasib mudik jalur darat.

Kapok.Tidak. Saya tidak kapok untuk mudik. Bagi saya mudik adalah asupan energi bagi saya juga bagi pemudik yang lainnya.Menjamah kampung halaman adalah energi,duduk dan minum teh hangat di teras rumah adalah energi, mendapatkan kiriman opor dan ketupat dari kerabat adalah juga energi. Ya.. mudik adalah untuk mengasup energi.

Mudik adalah tradisi Indonesia. Kalian salah jika menyalahkan pemudik yang rela antri, rela berdesakan, rela letih hanya untuk mudik. Kalian tau mudik adalah asupan energi untuk mengisi tubuh yang membawa amunisi baru.Sekian.

Selamat hari raya Idul Fitri 1433H

Regards
deetoto-pemudik.

Leave a Reply

